Selasa, 30 April 2013

HARI JUM'AT



Selain 'Idul Fitri dan 'Idul Adha, kaum Muslimin memiliki hari raya tiap pekan, yaitu Jum'at. Sayangnya, masih ada sebagian masyarakat yang memandangnnya dengan salah kaprah. Jum'at atau malam Jum'at dianggap sebagai hari keramat dan angker. Akibatnya, mereka terjerumus pada kebiasaan yang sebenarnya tidak punya dasar kecuali adat atau tradisi semata.

Dalam Islam, hari Jum'at mempunyai kedudukan istimewa. Di bawah ini beberapa adab dan sunnah yang berkaitan dengan Jum'at :

*HARI TERBAIK DALAM SEPEKAN
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu diriwayatkan, Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,"Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya adalah hari Jum'at. Pada hari itu Adam diciptakan, pada hariitu dia di masukkan ke surga, dan pada hari itu pula dia di keluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi pada hari Jum'at." (Riwayat Muslim)

*LARANGAN BERPUASA
Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya Jum'at adalah hari raya, maka janganlah kalian menjadikan hari raya sebagai hari puasa kalian. Kecuali kalaukalian berpuasa sebelumnya atau sesudahnya." (Riwayat Ahmaddengan isnad shahih)

*MEMBACA SURAT AS-SAJADAH DAN AL-INSAAN PADA SHALAT SUBUH
Biasanya Nabi membaca surat As-Sajadah pada rakaat pertama, dan Al-Insaan pada rakaat kedua. Tapi hal ini tidak di lakukan terus menerus untuk menghindari salah paham di anara umatnya. (Riwayat Al-Bukhari, Muslim, Ibnu Majah, dan Ad-Darimi)

*JUM'AT
"Barang siapa mandi janabat pada Jum'at kemudian menuju shalat Jum'at di saat pertama, maka seolah-olah dia berkurban seekor unta, dan barang siapa pergi di saat kedua seolah-olah berkurban seekor sapi, dan barang siapa pergi di saat ketiga maka seolah-olah berkorban seekor kambing, dan barang siapa pergi di saat keempat, seolah-olah berkorban seekor ayam, dan barang siapa pergi di saat kelima seolah-olah berkorban sebutir telur. Maka apabila imam telah keluar, para malaikat datang mendengarkan khutbah." (Riwayat Bukhari)

*MEMPERBANYAK SALAWAT KEPADA NABI
Sabda Rasulullah, "Perbanyaklah shalawat untukku pada Jum'at dan malam Jum'at. Karena barangsiapa berselawat untukku dengan satu shalawat, niscaya Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali." (Riwayat Al-Bukhari)

*MEMBACA SURAT AL-KAHFI
"Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada Jum'at niscaya (Allah) menerangi di antara dua Jum'at." (Riwayat Al-Baihaqi)
Adapun membaca surat Yasin khusus malam Jum'at, sama sekali
tidak memiliki dasar yang shahih dan tidak pernah di contohkan Nabi beserta para sahabatnya.

*TANDA KHUSNUL KHATIMAH
Di antara tanda khusnul khatimah adalah meninggal pada Jum'at
atau malamnya. Nabi bersabda, "Tidaklah di antara seorang Muslim yang meninggal pada Jum'at atau malam Jum'at kecuali Allah memeliharanya dari fitnah kubur." (Riwayat Ahmad)

*PENGHAPUS DOSA
Rasulullah bersabda, "Barangsiapa berwudhu kemudian membaguskan wudhunya, lalu mendatangi Jum'at, lalu mendengarkan dan diam, niscaya diampuni (dosanya) antara Jum'at itu dengan Jum'at yang lain, dan ditambah tiga hari." (Riwayat Muslim)

*PAHALA BERLIPAT-LIPAT
Sabda Nabi, "Barangsiapa mengumpuli istrinya pada Jum'at, dan
dia mandi kemudian bersegera datang di waktu pagi, berjalan tidak berkendaraan, mendekat pada imam dan mendengarkan serta tidak berbuat sia-sia, pada setiap satu langkah dia mendapatkan keutamaan amalan setahun, pahala puasa, dan shalatnya." (Riwayat Abu Dawud)[]

Sumber SAHID

Tidak ada komentar: