Senin, 26 Oktober 2015

Syaikh Yusuf Qardhawi Mengundurkan Diri dari Dewan Ulama Senior Al-Azhar


2 tahun lalu | 754 views

KIBLAT.NET, Doha – Tokoh ulama Muslim kelahiran Mesir Syaikh DR.Yusuf al-Qaradhawi mengundurkan diri dari Dewan Ulama Senior Al-Azhar, sebuah badan yang paling otoritatif  dalam lembaga agama Islam bergengsi berbasis di Kairo itu.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Senin (2/12), Syaikh al-Qaradhawi mengatakan pengunduran dirinya bertujuan untuk “memberikan posisi yang dapat diambil oleh para sarjana bebas,”.

“Aku mengajukan pengunduran diri kepada rakyat Mesir, bukan kepada Grand Imam yang memiliki Azhar,  kata Syaikh Qaradhawi, yang juga menjabat sebagai presiden Persatuan Ulama Internasional.

Ulama terkemuka itu melanjutkan untuk menegaskan bahwa jabatan Imam Al- zhar Imam telah dirampas oleh kudeta militer,”.

Imam Al-Azhar Syaikh Ahmed Tayeb secara terbuka mendukung militer Mesir menggulingkan presiden terpilih Mohamed Morsi pada 3 Juli menyusul protes massal menentang pemerintahan.

Sejak beberapa bulan lalu, Syaikh Qaradhawi telah menjadi kritikus vokal terhadap penggulingan Mursi dan berulang kali mengecam penguasa baru yang didukung militer Mesir.

Ulama yang berbasis di Qatar ini, juga mengecam kegagalan al-Tayeb untuk mengundang anggota Ikatan Cendekiawan Dewan Senior untuk bertemu membahas pembantaian terang-terangan baru-baru ini dan insiden serius yang telah meneror rakyat Mesir, terutama pembubaran aksi protes di Rabaa dan Nahda Square. “.

Pada tanggal 14 Agustus, ratusan demonstran pro-Mursi tewas ketika pasukan keamanan dengan kekerasan membersihkan aksi duduk di dua tempat di Kairo, yakni di Rabaa al – Adawiya dan Nahda Square. (qathrunnada)

Tidak ada komentar: