Selasa, 27 Oktober 2015

Kejaksaan Mesir Keluarkan Perintah Penangkapan Syaikh Yusuf Qaradhawi


KIBLAT.NET, Kairo – Kepala jaksa Mesir telah mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap ulama Sunni Syaikh Yusuf al-Qaradhawi, kata sebuah laporan.

Ulama yang tingal di Qatar ini dituduh menghasut pembunuhan pasukan keamanan Mesir dan ikut campur dalam urusan negara Mesir.

Syaikh Qaradhawi telah menjadi kritikus utama Militer Mesir setelah kudeta militer terhadap presiden pertama Mesir yang terpilih secara demokratis, Muhammad Mursi, pada bulan Juli.

Sebelumnya, Ketua Persatuan Ulama Sedunia ini, mengeluarkan fatwa, pada hari Sabtu 6 Juli lalu yang menyatakan rakyat Mesir harus mendukung Presiden terguling Mohammad Mursi dari Ikhwanul Muslimin dan militer harus menarik diri dari panggung politik.

Syaikh Yusuf al-Qaradhawi, salah seorang ulama Sunni paling terkemuka di Timur Tengah kelahiran Mesir ini, mengatakan dalam fatwa yang diposting di situsnya bahwa intervensi militer untuk menggulingkan Mursi pada hari Rabu adalah bertentangan dengan demokrasi dan konstitusi.

“Dokter al-Qaradawi mengeluarkan fatwa tentang perlunya untuk mendukung Presiden Mesir terpilih Mohammed Mursi, dan mempertahankan konstitusi serta menyerukan [kepala Angkatan Bersenjata Abdel Fatah] al-Sisi dan teman-temannya agar mundur untuk mempertahankan legitimasi dan demokrasi, “katanya seperti  diposting.

Dia mengatakan, banyak ulama dari universitas Islam Al Azhar Kairo, institusi  pendidikan Muslim unggulan di Mesir, setuju dengan dia. (qathrunnada/kiblat.net)

Tidak ada komentar: