Jumat, 07 April 2017

TIGA PENYEBAB TURUNNYA KEBAIKAN

Ada tiga hal yang apabila ketiganya ada pada dirimu, maka setiap turun Kebaikan dari langit, pasti engkau dapat bagiannya.
     Pertama, amalanmu hendaklah semata untuk Allah. Rasulullah Saw bersabda: "Allah tidak menerima amal, kecuali amal yang di kerjakan dengan ikhlas karena Dia semata-mata dan dimasukkan untuk mencari keridhaan-Nya." (HR. Ibnu Majah).
     Dalam riwayat yang lain, Beliau juga bersabda: "Sesungguhnya semua amal perbuatan itu tergantung pada niatnya. Dan tiap-tiap orang itu akan memeroleh apa yang diniatkan, barang siapa yang hijrahnya untuk memeroleh duniawi atau mencari wanita yang akan dikawinnya, maka hijrahnya akan menghasilkan sesuai dengan niatnya." (HR. Bukhari dan Muslim)
     Kedua, sukailah doa yang menjadi miliknya orang lain, seperti engkau menyukai untuk dirimu. Doa adalah senjata orang mukmin. Berdoa berarti menyandarkan harapan dan kemampuan diri pada Allah. Orang yang berdoa dengan baik akan melakukan ikhtiar yang baik dan sungguh-sungguh.
     Ketiga, jagalah kehalalan makanan semampumu. Makanan yang halal dan berkah akan menguatkan jiwa, menajamkan pikiran dan memperlancarkan rezeki yang halal pula. Sedang makanan yang haram akan memutus tali ijabah (pengabulan doa) dari Allah. (Abu Hurairah ra).

Tidak ada komentar: